Rabu, 15 Februari 2012

Cara Mengganti Template Blogger untuk Pemula.

Sebelum anda mengganti Template Blog, saya jelaskan Arti dari Template. Template adalah halaman Utama yang digunakan untuk membuat sebuah halaman baru lainnya. Cara mengganti template blog di blogger.com itu ada dua cara. Yang pertama mengganti template yang sudah disediakan oleh blogger, disini anda tinggal pilih salah satu hanya sekali klik tempalate anda sudah ganti. Cara yang ke dua yaitu dengan cara meng Upload template yang anda sediakan sendiri, bisa bikin sendiri ( Kalau sudah mahir di bidangnya ) atau men download template blog di situs yang menyediakan template blog. Banyak kok penyedia template gratisan. Jika anda belum tahu situsnya anda bisa mengunjungi situs penyedia template blog di bawah ini :

http://blogtemplate4u.com
http://btemplates.com
http://www.zoomtemplate.com

Sebenarnya masih banyak situs penyedia templete blog, tapi yang saya tulis hanya 3 template yang lebih sering dipakai banyak orang dan banyak pilih template blog, karena saya ambil template blog dari ke tiga situs tersebut. Setelah anda mendownload template blog yang anda inginkan dan anda ingin mengganti template blog anda dengan yang baru. Jika anda belum pahami cara menggantinya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Sebelumnya anda Login dulu ke Blog anda di Blogger.com.

Setelah anda login, akan tampak halaman seperti dibawah ini. Lalu anda ketik gambar buku ( yang dilingkari warna biru ) 


Setelah muncul halaman dibawah ini anda cari kata template ( yang dikasih kotak warna merah ) lalu anda klik kata template itu 


Akan menuju ke halaman dibawah ini, untuk mengganti ada 2 cara ( sudah saya jelaskan diatas ) dan ini cara yang pertama yaitu dengan template yang disediakan oleh blogger. Caranya anda tinggal pilih salah satunya, saya ambil contoh template yang saya kasih kotak warna merah. 


Maka template blog anda langsung berubah menjadi tempate yang baru anda pilih, seperti gambar dibawah ini :


Untuk melihat template anda yang baru, anda klik Lihat blog ( yang saya beri kotak warna merah ) letaknya di kanan atas 


Ini adalah tampilan blog anda yang baru, setelah anda ganti dengan template yang anda pilih yang disediakan oleh blogger.com. Selanjutnya dengan cara yang ke dua, yaitu dengan template anda sendiri ( bikinan sendiri maupun hasil dari anda mendownload template di situs penyedia template blog ). Sekarang balik lagi ke halaman sebelumnya, 



Anda klik Cadang / Pulihkan, setelah muncul kotak download anda, ada dua pilihan :
1. Unduh template lengkap ---> Jika anda ingin merubah template blog anda sebaiknya di unduh dulu template anda yang lama untuk me backup template anda jika template yang baru eror. Tapi jika template dari blogger.com atau anda sudah punya cadangan template, maka hal itu tidak perlu. tapi terserah anda mau mengunduhnya apa nggak.
2. Pilih Berkas ----> Jika anda mau langsung mengubah template anda, langsung saja klik pilih berkas, maka akan langsung menuju ke file komputer anda, lalu anda pilih file di komputer anda yang menyimpan template anda, seperti tampak pada gambar di bawah ini. Lalu anda klik tempate yang anda pilih :




Setelah anda klik template yang anda pilih akan tampak seperti dibawah ini :


Setelah anda selesai menguploadnya, anda langsung klik unggah dan template blog anda akan berubah seperti di bawah ini :

Seperti pada cara yang pertama, untuk melihat blog anda dengan template yang baru anda ganti, anda klik lihat blog, hasilnya akan seperti ini :


Selesai, Selamat template blog anda sudah berubah sesuai yang anda inginkan. Sementara cukup sekian dulu, lebih kurangnya saya mohon maaf, karena sebagai manusia saya nggak sempurna, Jika ada pertanyaan , silahkan anda isi di kolom komemtar. Terima Kasih.














0 komentar:

Dí lo que piensas...