Kamis, 09 Februari 2012

Cara Menulis Artikel di Blog Untuk Pemula Bag 2

Cara membuat blog itu sangat mudah, jika anda belum tahu caranya, anda bisa baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Blog di Blogger.com. Tapi kendala terbesar bagi pemula blogging adalah bagaimana cara menulis artikel blog. Bingung mau menulis apa pada blognya.... Jangan kuwatir, saya juga pernah mengalami hal semacam itu, hal itu sangatlah wajar bagi pemula blogging.
Disini saya akan menulis artikel blog, tentang cara menulis artikel blog untuk pemula blogging. Tip ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya di Dunia Blogging. 

1. Tulislah blog anda sesuai dengan Hobi anda, bakat yang anda miliki.
  • Coba anda pikirkan, jika ada orang yang bertanya masalah hobi anda, pastilah anda betah menceritakan hobi anda, bisa sampai berjam - jam anda betah menceritakannya. Kenapa...? karena anda menceritakan hal yang anda sukai, bukankan hal yang anda sukai akan dengan suka rela melakukannya, kenapa tidak anda tuliskan di blog anda, untuk menyalurkan hobi anda.
2. Senang membaca dan mau memahami apa yang ia baca.
  • Dengan senang membaca pengetahuan anda akan luas, dan membuat anda punya Inspirasi untuk menulis di blog. Mungkin anda bisa menjelaskan kepada teman anda tentang hobi anda secara lisan dan betah berjam -jam, tapi disaat anda mau menulis di blog anda, anda bingung mulai dari mana anda menulisnya. Nah....dengan anda senang membaca, anda akan diasah pikiran anda untuk membuat artikel. Cobalah anda perhatikan artikel di koran, majalah, blog dll. Disitu anda bisa membaca dan mempelajari bagaimana cara menulis artikel yang baik, mudah di pahami oleh semua kalangan, dan bisa membuat para pembaca nya mau membaca berlama-lama. Karena dengan senang membaca, dari tidak tahu menjadi tahu, dari nggak bisa menjadi bisa. Penyakit yang paling mendasar di Indonesia adalah banyak orang yang malas membaca, jadi imbasnya, Masyarakat Indonesia mudah dibodohi oleh bangsa lain. Mudah-mudahan anda bukan type orang yang malas membaca.
3. Tulis Apa Yang Anda Pikirkan.
  • Untuk belajar nulis artikel, anda tulislah dulu apa yang anda pikirkan, anda bisa langsung nulis di blog atau kalau anda masih ragu, anda bisa membuatnya dengan Word. Tulis saja... Jangan perdulikan dulu bahasanya yang penting anda tulis dulu, setelah tulisan anda sudah banyak, baru anda lihat kembali dan teliti mana yang tulisan yang harus direvisi, ditambah atau dikurangi, Tata bahasa tidak terlalu penting, yang penting anda menulis artikel bisa dibaca dan dipahami oleh banyak orang, Lebih lagi kalau tulisan anda enak untuk dibaca.
4. Buat tulisan yang berkwalitas dan bermanfaat bagi orang lain.
  • Banyak blog yang sepi pengunjung, salah satu sebab adalah kurangnya kwalitas tulisan yang ada di blog tersebut, jika tulisannya tidak berkualitas, maka orang akan malas untuk membaca artikel blog anda. Yang dimaksud berkwalitas adalah bisa bermanfaat oleh orang lain, yang dibutuhkan orang. Jika anda menulis artikel yang banyak dibutuhkan orang, maka akan banyak pengunjung yang mau berkunjung ke blog anda, bisa berlama-lama. Dan usahakan anda membuat blog itu yang khusus, Misalkan sekarang menulis artikel tentang Kuliner, besok tentang Otomotif, besoknya lagi tentang oleh raga.. Jangan seperti itu, orang akan bingung membaca artikel anda, dan akan bertanya-tanya, itu blog tentang apa sih, kok tiap artikel beda -beda sih.Dan akhirnya orang akan malas mengunjungi blog anda. Coba anda kunjungi blog-blog di internet, sebagai bahan anda untuk menulis artikel yang tepat di blog anda nantinya. Jika anda kunjungi blog tentang seputar kuliner, pastilah artikel yang disajikan yang membahas tentang kuliner, kalaupun ada artikel lain pasti hanya sebagai selingan atau si empunya blog punya blog lain agar anda juga mau mengunjungi blognya yang lain. Intinya... orang mencari artikel di Internet, pastilah artikel yang ia butuhkan. Dan biasanya ingin mencari blog yang menulis tentang apa yang ia butuhkan.Paham.
Cukup sekian dulu tulisan saya, semoga bermanfaat bagi anda sebagai blogger pemula. Di internet banyak juga artikel yang menulis tentang cara menulis artikel di blog. Dan setiap Bogging tentunya akan berbeda-beda pendapatnya, bisanya menulis artikel, berdasarkan pengalaman dalam dunia blogging.
Saya akan sangat berterima kasih kepada para pembaca, jika anda kritik dan saran tentang tulisan saya mau menulis di kolom komentar.


1 komentar:

AYAHE MELA

Sob, tips dalam artikelnya benar-benar sangat bermanfaat dan berguna bagi saya.

Oh ya, tidak lupa saya sampaikan salam kenal, salam berbagi, dan bila berkenan silakan kunjung ke blog saya.

Terimakasih.

Dí lo que piensas...